APPLICABLE

Ngapain sih pakai magang jauh-jauh segala? Pertanyaan yang sederhana namun sebenarnya penting, karena disitulah letak kaitannya terhadap esensi tugas magang. Lho.. memangnya tidak ada yang dekat? Kota Surabaya dan Kab.Sidoarjo memang tempat yang jauh untuk tugas magang, namun semua itu tentu ada alasannya. Tim Magang Diskominfo Kab. Inhil mengemban tugas untuk menyerap ilmu, informasi atau pengetahuan, dan tentunya perlu dipertimbangkan lokasi yang strategis dimana seharusnya mereka ditempatkan.

Surabaya sejak tahun 2013 diakui memiliki keunggulan dalam mengelola data center dan data inclusion. Dimana infrastruktur, aplikasi serta tata kelola TIK mereka sudah mapan dan handal. Surabaya dinilai telah melakukan inovasi, efisiensi, dan unggul dalam manajemen proyek pada Data Center. Sehingga percepatan layanan yang berkaitan dengan data Surabaya lebih baik dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Sedangkan Data Inclusion didapat lewat Broadband Learning Center (BLC) untuk menjembatani kesenjangan digital. BLC merupakan fasilitas pembelajaran teknologi informasi yang dapat dinikmati masyarakat Surabaya secara gratis agar warga melek teknologi informasi.


Pelayanan publik merupakan tolok ukur dari kinerja pemerintah, baik pusat maupun daerah. Berkaitan dengan pelayanan publik, Kab. Sidoarjo telah melakukan inovasi-inovasi. Di Kabupaten Sidoarjo, aneka perizinan bisa diselesaikan dalam tempo yang singkat berkat penerapan Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPPADU). SIPPADU memperoleh penghargaan ranking pertama dari Kemenpan RB sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik "Kategori A ". Bukan hanya itu, Kecamatan Sukodono Kab. Sidoarjo, mengembangkan aplikasi yang bernama BMW (Berkas Mlaku Dewe/Dokumen Jalan Sendiri) yang mengantarkan Sukodono menjadi kecamatan terbaik tahun 2015 silam. Aplikasi BMW ini memanfaatkan jaringan internet untuk menyederhanakan dan memudahkan pelayanan yang terintregasi dengan 19 desa di Kecamatan Sukodono. Dengan layanan ini, warga yang membutuhkan layanan tak perlu datang ke kantor kecamatan karena layanannya 100 persen bersifat online.

Tugas dari Tim Magang Diskominfo Kab. Inhil dikirimkan ke kedua daerah tersebut tentu saja diharapkan agar bisa menyerap ilmu, informasi dan pengetahuan atau bahkan aplikasi yang bisa dibawa serta dipakai berkaitan dengan kegiatan pengelolaan TIK di Diskominfo Kab. Inhil.

Tidak ada komentar